- Nama Sekolah : SMAN 6 GARUT
- Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- Kelas/Semester : X / 2
- Materi pokok : Pembelajaran Teknik softball
- Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai
agama yang dianut di dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan dan
olahraga
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain,
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.6 Menganalisis
variasi dan kombinasi salah satu keterampilan permainan bola kecil untuk
peningkatan keterampilan
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola
kecil dengan koordinasi gerak yang baik
|
·
Melakukan
do’a sebelum pembelajaran di mulai
·
Menunjukan
sikap sportif dalam perlombaan
·
Menunjukan
sikap disiplin selama melakukan pembelajaran
·
Mampu
menghargai perbedaan
·
Mengerjakan
tugas dengan penuh tanggung jawab
·
Menjelaskan
konsep keterampilan teknik dasar batting dalam permainan softball dengan
benar
·
Mempraktikan
teknik dasar batting dalam permainan softball dengan koordinasi yang baik
·
Menjelaskan
konsep keterampilan permainan softball
dengan peraturan yang dimodifikasi dengan benar
·
Bermain
softball dengan peraturan yang dimodifikasi dengan koordinasi yang baik
|
- Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan cara melakukan teknik dasar
batting/pukulan softball dengan benar.
2. Melakukan atau mempraktikan teknik dasar
batting/pukulan softball dengan koordinasi yang baik.
3. Menjelaskan cara bermain dengan peraturan permainan
yang dimodifikasi pada permainan softball, dengan menunjukan prilaku
sportifitas, tanggung jawab, disiplin, menghargai teman dan menerima kekalahan
dan kemenangan selama melakukan permainan.
4. Melakukan permainan softball dengan
peraturan yang dimodifikasi dengan koordinasi yang baik dan menunjukan prilaku
sportifitas, tanggung jawab, disiplin, menghargai teman dan menerima kekalahan
dan kemenangan selama melakukan pemainan softball.
- Materi Pembelajaran : Pembelajaran Teknik Dasar Batting dalam softball
- Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
- Metode/model Pembelajaran :
1. Pendekatan :
scientific
2. Metode :ceramah,
demonstrasi, dan selfcheck
3. Model :teknikal
- Media Pembelajaran :
1. Lapangan
2. Batt/alat pukul
3. Bola Softball modifikasi
4. Pluit
5. Stopwach
6. kun
- Sumber Belajar :
1. Media cetak
a. Buku peganagan guru dan peserta didik SMA
kelas X
b. Buku tugas (LKS)
c. Selembaran pedoman melakukan batting dalam
softball
- Langkah-langkah Pembelajaran
kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
pendahuluan
|
· Guru membagikan selebaran pedoman teknik memukul dalam softball kepada
peserta didik.
· Guru memerintahkan peserta didiknya untuk mempelajari selebaran
yang telah diberikan guru.
· Berbaris dan berdo’a dipimpin oleh salah satu peserta didik.
· Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
· Guru meminta seorang peserta didik untuk memimpin melakukan
pemanasan dengan perenggangan statis dan permainan sederhana.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan sekarang,
yaitu : melakukan teknik dasar batting/memukul dalam permainan softball.
· Guru menyampaikan pengorganisasian kelas,yaitu :kegiatan
pembelajaran akan dilakukan dalam bentuk tugas individu dan berpasangan.
|
|
inti
|
Mengamati
|
|
·
Guru mendemonstrasikan teknik
dasar batting dalam permainan softball
1. Pegangan alat pemukul (bat) harus santai, tidak menimbulkan
ketegangan pada lengan dan pergelangan tangan. Beberapa hal yang perlu
diperhatikan adalah :
ù Lead-arm harus dalam posisi horizontal dengan tanah.
ù Siku tangan belakang ditekuk dan dijatuhkan dari badan.
ù Pandangan ke arah bola lewat bahu depan.
ù Sikap dan tempat kedudukan kepala tidak berubah sampai bat
mengenai bola.
ù Posisi bat agak condong ke belakang, jangan diletakkan di atas
bahu atau terlalu tegak
2. Ambillah sikap yang enak dan wajar pada waktu berdiri dalam batter
box. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
ù Harus keadaan rileks selalu.
ù Jarak kedua kaki selebar bahu.
ù Berat badan harus berada ditengah-tengah badan untuk memudahkan
gerakan.
ù Badan sedikit condong ke depan.
3. Geserlah kaki depan ke arah datangnya bola atau pitcher. Beberapa
hal yang perlu diperhatikan adalah
ù Geserkan kaki ke depan (striding) secukupnya saja.
ù Lakukanlah backswing sebelum striding, untuk menambah putaran ke
depan.
4. Lakukanlah ayunan (swing) ke depan disertai putaran badan ke depan
segera setelah striding selesai (putaran badan ke arah pitcher).
5. Luruskanlah lead-arm pada waktu melakukan ayunan untuk mendapatkan
hasil yang terbaik.
6. Pindahkan berat badan dari belakang ke depan untuk menambah
kekuatan pukulan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
ù Doronglah badan ke depan dengan kaki belakang.
ù Lecutkanlah pergelangan tangan menjelang bat kontak dengan bola.
ù Lead-arm lebih aktif.
7. Follow through dari tubuh harus searah dengan jalannya bola hasil
pukulan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
ù Angkatlah tumit kaki belakang, untuk dapat melakukan pivot-foot.
ù Pindahkan titik berat badan ke depan.
·
Guru menjelaskan peraturan
dalam permainan softball
ù
lama pertandingan dalam softball ditentukan dengan inning. satu inning adalah satu kali menjadi regu
penjaga dan satu kali menjadi regu pemukul. dalam permainan resmi, lama
permainan adalah 7 inning.
ù
Jumah pemain
setiap regu dalam permainan softball berjumlah 9 orang dengan pemain cadangan 5-7 orang
ù
Pertukaran tempat
terjadi perubahan tempat apabila regu penjaga dapat mematikan regu pemukul sebanyak 3 kali.
ù
Nilai
Nilai yang diperoleh apabila pemukul berhasil kembali ke ruang bebas, atas pukulan sendiri atau pukulan teman. |
||
Menanya
|
||
·
Peserta didik saling bertanya
bagaimana perkenaan bola dengan batt terhadap bola dalam permainan softball.
·
Peserta didik bertanya kepada
guru teknik pegangan batt yang di demonstrasikan oleh guru.
·
Peserta didik menanyakan
peraturan permainan dalam permainan softball
|
||
Eksplorasi/Mencoba
|
||
·
Peserta didik mempraktikan
secara berkelompok mencari jawaban apa
yang dipertanyakan oleh guru dengan menunjukan nilai kerjasama, tanggung
jawab, menghargai teman, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerjasama,
disiplin, menghargai teman dan disiplin selama melakukan praktik dilapangan.
·
Peserta didik mempraktikan
secara langsung teknik dasar batting dengan formasi 2 berbanjar dan peserta
didik melambungkan sendiri bola nya dengan tujuan perkenaan dan tidak
menggunakan tenaga full,
·
Peserta didik mempraktikan
secara langsung teknik dasar pukulan/batting dengan berkelompok,yaitu 1 orang
yang menjadi pemukul atau batter kemudian orang ke-2 yang memberikan/melambungkan
bola di samping sedikit depan batter dan orang ke-3 berada di lapangan
bartugas sebagai pengambil hasil dari pukulan batter.
|
||
Mengkomunikasikan
|
||
·
Peserta didik menerapkan
keterampilan teknik dasar batting dalam bentuk permainan dengan peraturan
yang telah dimodifikasi (lapangan,jumlah pemain dan lain nya) menggunakan
keterampilan teknik dasar batting dengan menunjukan nilai kerja sama, disiplin,
toleransi, menerima kekalahan dan kemenangan dan disiplin, dan guru mengamati
peserta didik selama melakukan perlombaan tersebut.
·
Guru mengamati jalannya
permainan, bila ada peserta didik yang curang dalam permainan, misalnya mematikan
lawannya dengan di lemparkan bolanya dan sebagainya maka peserta didik
langsung diperingatkan atau langsung menjadi regu penjaga dalam permainan
softball yang telah dimodifikasi dan diberitahukan pentingnya sportifitas
dalam sebuah permainan
|
||
Penutup
|
·
Guru menyuruh peserta didik
nya untuk melakukan pendinginan.
·
Guru menyampaikan kemajuan
yang telah diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang
masih sering timbul saat melakukan praktik.
·
Guru menginformasikan materi
untuk minggu selanjutnya.
·
Guru menyuruh salah seorang
pesrta didik untuk memimpin do’a
·
Setelah berdo’a peserta didk
diperbolehkan meningalkan lapangan.
|
- Penilaian Hasil Belajar
Teknik dan Bentuk Penilan
1.
Penilaian Keterampilan
(Psikomotor)
a. Petunjuk Penilaian
Penilaian
aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian proses penilaian proses, yaitu :
Pegangan bat, sikap berdiri,jarak hasil dari pukulan dalam permainan softball.
b. Butir Soal Keterampilan (uji kerja)
Lakukan
teknik dasar pukulan/batting dalam permainan softball !
Penilaiai ketereampilan gerak
|
Skor Akhir
|
Ket.
|
||||||||||
Proses penilaian
|
Perolehan Nilai
|
|||||||||||
Pegangan bat
|
Jarak dari hasil pukulan
|
Sikap berdiri
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
8/10 x 40%
|
32
|
|
V
|
V
|
V
|
||||||||||
Jumlah skor maksimal = 10
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 40%
Jumlah skor maksimal
c.
kriteria penilaian keterampilan
(uji Kerja)
kriteria skor : Pegangan bat
(proses)
1)
Pegangan bat
nilai 3 jika :
·
Lead-arm harus dalam posisi
horizontal dengan tanah.
·
Siku tangan belakang ditekuk
dan dijatuhkan dari badan.
·
Pandangan ke arah bola lewat
bahu depan.
·
Sikap dan tempat kedudukan
kepala tidak berubah sampai bat mengenai bola.
·
Posisi bat agak condong ke
belakang, jangan diletakkan di atas bahu atau terlalu tegak
Nilai 2 jika hanya 3
kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1 jika hanya salah
satu yang dilakukan benar
2)
Jarak dari hasil pukulan
Nilai 4 jika jarak hasil
pukulan home run
Nilai
3 jika jarak hasil pukulan keluar lapangan
Nilai
2 jika jarak hasil pukulandi dalam lapangan
Nilai
1 jika jarak hasil pukulan out
3)
Sikap berdiri
nilai 3 jika :
·
Harus keadaan rileks selalu.
·
Jarak kedua kaki selebar bahu.
·
Berat badan harus berada ditengah-tengah
badan untuk memudahkan gerakan.
·
Badan sedikit condong ke depan
Nilai
2 jika hanya 3 kriteria yang benar
Nilai
1 jika hanya 1 kriteria yang benar
2.
Penilaian Sikap (Afektif)
a.
Petunjuk penilaian
Penilaian
sikap dilakukan dengan penamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakaukan
perlombaan jalan cepat. Aspek-aspek yang di nilai meliputi : kerja sama, Disiplin,
Toleransi, dan menerima kekalahan /kemenangan.
Berikan
tanda (v) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di (v) dengan
rentang antara 1 sampai dengan 3. ( Baik = 3, Sedang = 2. Kurang = 1 ).
b.
Rubrik Penilaian Perilaku
Perilaku yang dinilai
|
Cek ( V )
|
Perolehan Nilai
|
Skor Akhir
|
Ket.
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||||
1.
Kerja sama
|
V
|
9/12 X 30% = 22.5
|
22.5
|
|||
2.
disiplin
|
V
|
|||||
3.
Toleransi
|
V
|
|||||
4.
Menerima kekalahan dan
kemenangan
|
V
|
|||||
Jumlah Skor Maksimal = 12
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Afektif = -----------------------------------------
X 30%
Jumlah skor maksimal
3.
Tes Pengetahuan (Kognitif)
a.
Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan singkat dan tepat !
b. Butir Soal Pertanyaan
No.
|
Butir Pertanyaan
|
Kriteria Penskoran
|
Nilai Akhir
|
|||
1
|
2
|
3
|
∑
|
|||
1.
|
Jelaskan
pegangan bat dalam teknik dasar batting/pukulan
|
v
|
2
|
5/6 X 30% = 25
|
||
2.
|
Jelaskan
bagaimana perkenaan bola dengan bat
|
v
|
3
|
|||
Jumlah Skor Maximal = 6
|
5
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif = -----------------------------------------
X 30%
Jumlah skor maksimal
c.
Kriteria penilaian
(pengetahuan/pemahaman)
Skor 3 : jika
peserta didik menjawab dengan jelas dan semua langkah-langkah nya di jelaskan.
Skor 2 : jika
peserta didik menjawabna kurang lengkap
Skor 1 : jika
peserta didik hanya bias menyebutkan nya saja
2.
Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Nilai Akhir
|
keterangan
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
||||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
7.
|
||||||
8.
|
||||||
9.
|
||||||
10.
|
||||||
NIlai Rata-rata
|
Nilai Akhir (NA)
= jumlah dari ketiga aspek diatas
RUBRIK PENILAIAN
- Nama Sekolah : SMAN 6 GARUT
- Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- Kelas/Semester : X / 1
- Materi pokok : Pembelajaran Teknik softball
- Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
- Materi pembelajaran : Pembelajaran Teknik Dasar Batting dalam softball
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek-aspek
Penilaian
|
|||||||||||||
Afektif
|
Kognitif
|
psikomotor
|
|||||||||||||
Ks
|
Tj
|
Mt
|
Mkk
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
kki
|
tgn
|
pnggng
|
∑
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 6 GARUT
(_________________________)
|
………………,…………………2013
Guru mata pelajaran
( Givi Garsiva )
|
No comments:
Post a Comment